CIAMIS, (KAPOL).- Mengenal beragam Kuliner Ciamis di grup Wisata Kuliner Ciamis atau Komunitas Kuliner Ciamis (Kukis) bisa menjadi alternatif bagi para pelaku bisnis kuliner.

Salah satu founder Wisata Kuliner Ciamis dan juga Ketua Komunitas Kuliner Ciamis (KUKIS) Ghanis Yudha Pradja menyebutkan, saat ini semakin menjamur tempat kuliner dan makin banyaknya varian kuliner di wilayah Ciamis mendorong untuk dibentuknya sebuah wadah atau komunitas untuk mengapresiasi per kulineran di Ciamis dan sekitarnya.

Pembentukan Komunitas Kuliner Ciamis ini pada tanggal 12 Desember 2016. Walaupun sebenarnya sebelum dibentuk komunitas ini, akun media sosial facebook dengan nama grup Wisata Kuliner Ciamis yang lebih dikenal dengan singkatan KUKIS telah lebih dulu dibuat. Tujuanya agar menjadi wadah bertemunya para penggiat kuliner, penikmat kuliner dan pemerhati kuliner terutama yang ada di wilayah Ciamis dan sekitarnya. Namun tidak menutup kemungkinan pegiat kuliner dimana pun berada untuk bersilaturahmi.

Dimana, kata Ghanis, pada awal aktif grup ini hanya memiliki beberapa orang admin yang dengan sukarela meluangkan waktunya untuk mengelola akun grup KUKIS tersebut. Tapi seiring perkembangan, lanjut Ghanis, anggota grup yang sampai saat ini tercatat sebanyak 29.154 orang anggota, maka admin yang mengelola grup pun ditambah guna memudahkan untuk mengelola akun grup.

Selain aktif di media sosial, kata Ghanis, KUKIS juga mengadakan pertemuan rutin atau lebih dikenal Kopdar KUKIS. Utamanya, untuk mengenal para anggota grup yang selama ini hanya saling mengenal di dunia maya. “Besar harapan agar pertemuan ini bisa memberikan masukan, terutama bagi penggiat kuliner yang tergabung di Komunitas ini khususnya. Selain tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penjualan, pemasaran, ataupun tentang produk itu sendiri,” katanya kepada wartawan, Jumat (23/3/2018).

Diungkapkan Ghanis, eksistensi KUKIS diakui oleh para penggiat kuliner. Mereka merasakan kenaikan omzet semenjak aktif di grup atau komunitas tersebut. Sementara Pertemuan alias Kopdar KUKIS terbaru dilaksanakan di Wicks Café, Minggu (10/3/2018). “Dalam pertemuan tersebut juga tercetus ide untuk membuat Peta Kuliner Ciamis, hal itu untuk mendokumentasikan berbagai kuliner Ciamis, lengkap dengan ulasan dan alamat. Sehingga orang yang berkunjung ke Ciamis ataupun warga Ciamis sendiri bisa mengetahui tempat-tempat kuliner yang ada di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Untuk saat ini, kata Ghanis, bagi yang mau tahu apa saja kuliner yang ada di Ciamis, selain Galendo dan ayam goreng khas Ciamis yang terkenal dengan serundengnya, bisa langsung cek akun facebook grup Wisata Kuliner Ciamis. (Helma).

sumber : https://kabarpriangan.co.id/pegiat-komunitas-kuliner-ciamis-berencana-membuat-peta-wiskul/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *